DEFINISI KOMPUTER
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer):
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
–Menerima input,
–Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
–Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
–Menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders):
4Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G. Zaky):
–Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori):
4Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambilkan dan American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Commitee).
1. Alat elektronik.
2. Dapat menerima input data.
3. Dapat mengolah data.
4. Dapat memberikan informasi.
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
7. Bekerja secara otomatis.
DEFINISI PROGRAM
4Program adalah
Kumpulan dan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
4Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).
4Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dan suatu kenyataan.
4Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.
4Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.
4Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).
4Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dan suatu kenyataan.
4Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.
4Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Proses pengolahan data terdiri dan 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) yaitu :
–input,
–processing
–dan output.
4Origination.
Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
4Input.
Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).
4Processing.
Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
4Output.
Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi.
4Distribution.
Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
4Storage.
Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.
4Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system).
4Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dan sistem tersebut.
4Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.
4Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya.
4Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.
4Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peratatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
4Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
4Brainware adalah manusia yang terlibat di datam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
4Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
4Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja.
Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya
4Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya.
4Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.
4Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.
4Satuan waktu kecepatan proses komputer
Satuan waktu | Kecepatan |
Mi11isecond (ms) Microsecond (ms) Nanosecond (ns) Picosecond (ps) | ribu operasi perdetik (1/1000) juta operasi perdetik (1/1000.000) milyard operasi perdetik (1/1000.000.000) triliun operasi perdetik (1/1000.000.000.000) |
4Berdasarkan ukurannya, komputer dapat diklasifikan sebagai :
–komputer mikro (micro computer),
–komputer notebook
–komputer genggam (Personal Digital Assistant - PDA)
–komputer mini (mini computer),
–komputer mainframe (dapat berupa small-scale mainframe, medium-scale mainframe dan large-scale main frame) dan
–komputer super (super computer).
4Kecepatan komputer mikro diukur dengan satuan MHz (megahertz),
4Kecepatan komputer mainframe dalam satuan MIPS (million instructions per second) dan
4Komputer super dengan satuan kecepatan FLOPS (floating point operations per second).
4Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dan 8 MHZ sampai dengan 500 MHz.
4Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik.
4Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan 500.000.000 (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/500.000.000 detik atau 0,5 nanosecond.
4Komputer mainframe dapat mempunyai kecepatan sampai dengan lebih dan 1000 MIPS.
4Komputer dengan kecepatan 1000 MIPS dapat mengolah sebanyak 1.000.000.000 (1 milyard) instruksi perdetiknya.
4Komputer mikro yang mem punyai satuan kecepatan MHz dapat dikonversikan kesatuan kecepatan MIPS.
4Umumnya satu instruksi program membutuhkan beberapa siklus operasi.
4Diumpamakan secara rata-rata, satu instruksi program membutuhkan 20 siklus operasi, maka komputer 500 MHz dapat dinyatakan mempunyai kecepatan 500 juta siklus operasi per detik/20 siklus operasi atau sekitar 25 juta operasi per detik atau 25 MIPS.
4Komputer super disebut juga dengan nama parallel processor, karena sebenarnya komputer super merupakan komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara paralel.
4Kecepatan komputer super dapat beberapa kali lipat dari kecepatan komputer mainframe, tergantung dari berapa banyaknya processor yang dipasang secara paralel.
4Komputer super dapat beroperasi dengan kecepatan lebih dan 100 GLOP. Satu GLOP sama dengan 1 giga (milyard) FLOP.
4Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya.
4Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh (mental fatique), yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan.
4Misalnya saja anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak, katakanlah l00000 buah pertambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan.
4Sebaliknya, karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
4Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana:
–Komponennya rusak (metal fatique).
–Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah.
4GIGO, singkatan dan Garbage in Garbage Out,
–sampah yang masuk, sampah pula yang keluar.
–kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah,
–bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold in Gold Out, emas yang masuk, emas pula yang keluar).
4Komputer mempunyai memory yang besar.
4Walaupun kelihatannya komputer lebih unggul dan manusia, tetapi ada beberapa ha! yang tidak bisa menyamai manusia.
4Manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhadap situasi yang tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan.
4Keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaan.
Satuan memori | Kapasitas |
1 Byte 1 KB (Kilobyte) 1 MB (Megabyte) 1 GB (Gigabyte) 1 Terabit | 8 bit atau 1 karakter 1024 byte 1024 KB atau 1.048.576 byte 1024 MB atau 1.048.576 KB atau 1.073.741.824 byte 1.099.511.627.776 bit atau 137.438.953.472 byte |
4Sistem bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik
4Basis yang dipergunakan masing-masing system bilangan tergantung dari jumlah nilai bilangan yang dipergunakan.
4Sistem bilangan desimal dengan basis 10 (deca berarti 10), menggunakan 10 macam simbol bilangan.
4Sistem bilangan binary dengan basis 2 (binary berarti 2), menggunakan 2 macam simbol bilangan.
4Sistem bilangan oktal dengan basis 8 (octal berarti 8), menggunakan 8 macam simbol bilangan.
Sistem bilangan hexadesimal dengan basis 16 (hexa berarti 6 dan deca berarti 10), menggunakan 16 macam simbol bilangan
Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan
4Komputer dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat.
4Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial dan error yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, bisa ditangani oleh komputer.
4Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bisa dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.
4Komputer bisa digunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur suatu daerah.
Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan (lanjutan)
4Aplikasi Computer Aided Design (CAD) yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer banyak digunakan untuk merancang bentuk-bentuk dalam bidang teknik, misalnya merancang bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan bentuk gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur.
4Pada bidang teknik sipil, perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat dihasilkan oleh komputer.
Di bidang bisnis
4Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Bila informasi terlambat atau terhenti waktunya maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh.
4Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan.
4Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.
4Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
Welcome Bonus at Bovada Casinos
BalasHapus› welcome-bonus-guide › welcome-bonus-guide You can receive a bonus code 먹튀 or promo 오늘 뭐 먹지 룰렛 by following the instructions and choosing 블랙 잭 규칙 from the casino's sign up 에볼루션 바카라 bonus link. No deposit required. 인터넷 바카라