Kamis, 02 Februari 2012

MENGENAL E-COMMERCE


Maknanya :
Membeli / menjual secara elektronik dan kegiatan tsb dilakukan pada jaringan internet
Pemasangan iklan, penjualan dan dukungan serta pelayanan terbaik 24 jam sehari.

URL (Uniform Resource Locator)
Alamat situs internet
Contoh:
http://www.wahana.com
 Kode URL :
.com : organisasi komersial
.mil : militer
.account : Akademi/Lembaga Pendidikan
.org : Organisasi Sukarela
.gov : Pemerintahan

.firm : Bisnis atau firma
.store : Bisnis yg menawarkan kegiatan berbelanja
.web : Entitas yg menekankan aktivitas yg berhubungan dg web
.arts : Entitas yg menekankan pada aktivitas budaya dan hiburan
.info : Entitas yg menyediakan pelayanan informasi
.nom : Bagi mereka yg menginginkan penamaan rpibadi atau individual

DEFINISI DALAM E-COMMERCE
Commerce Service Provider :
Situs bisnis atau web yg menyediakan solusi E-Commerce
Fasilitas pendukung : konsultan E-Commerce, desain halaman web, detail program yg akan dipasang oleh pelanggan, sewa ruang utk e-commerce

Electronic Cash
Juga disebut E-Cash, Digital Cash, Digital Money
Memungkinkan seseorang utk membeli barang atau jasa dg cara mengirimkan nomer dari satu komputer ke komputer lainnya.
Nomor diisukan oleh sebuah bank dan merepresentasikan sejumlah uang yg sebenarnya yg mempunyai nilai tukar.
Bersifat anonymous (tanpa nama) dan dapat dipakai ulang, seperti uang cash biasa.
Contoh:
http://www.sandybay.com/pc-web/digital_cash.htm
10/

Electronic Checks
Sering disebut eCehcque atau E-Checque
Customer membayar kepada penjual dg menuliskan check elektronik yg dikirimkan secara elektronis dg email, mesin faximili, atau telpon.
“Cheque” berisi pesan yg memuat semua informasi yg diperoleh dari cheque yg sebenarnya , tetapi bisa ditandatangani secara digital atau surat kuasa
Tanda tangan elektronis ditulis dalam bentuk sandi dg cara enkripsi oleh kunci rahasia customer. Penjual mengesahkannya dg kunci private.
Pesan yg dihasilkan akan disandikan dg kunci rahasia pihak bank hingga disediakan bukti pembayarannya.
Contoh:
http://www.cybercash.com
10/

Electronic Wallet
Pembayaran dilakukan dg nomor kartu kredit dan terenkripsi dg aman
Pembelian dilakukan pada situs web yg mendukung electronic wallet
Pd saat tombol Pay ditekan maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan electronic wallet

E-Commerce
Pertukaran informasi bisnis yg rutin dg menggunakan transmisi :
Electronic Data Interchange
Email
Electronic Bulletin Boards
Mesin faksimili
Electronic Funds Transfer
Berkenaan dg transaksi belanja di :
Internet shopping
stok online
surat obligasi
download
penjualan “barang dagangan lunak”(software, dokumen,musik,dll)
Business to Business (B2B)

Microtransaction/Micropayment
Transaksi dalam jumlah kecil (ratusan hingga puluhan ribu)
Untuk mengambil grafik, game maupun informasi
Phone Cash
Memungkinkan customer untuk membeli item secara online dg mengijinkan nilai pembelian ditransfer dari account mereka ke account orang lain dalam sebuah Internet banking System
Telephone Billing System
Transaksi melalui telpon memungkinkan customer membeli barang atau layanan dan jumlah pembayarannya disertakan ke rekening telpon

Perkembangan E-Commerce di Dunia
Transaksi yang laris (best seller) di E-Commerce utk barang dagangan di internet dan media elektronik lainnya adalah :
komputer
consumer good
buku dan majalah
musik serta produk elektronik utk entertainment seperti audio, video dan TV
Sumber: Simba Information (
http://www.simbanet.com)

Proyeksi E-Commerce
46 juta orang Amerika akan membeli melalui e-commerce berbagai barang senilai US$16 juta (2001), US$54 juta(2002)
(Sumber:
http://www.idc.com)
Penjualan e-commerce sekitar US$7 juta (2000)
(Sumber:
http://www.forrester.com)
1992: jumlah komputer di dunia yg terhubung ke internet kurang dari 1 juta komputer
Juli 1999: lebih dari 45 juta

Penghalang Utama Melakukan E-Commerce
Para pembeli belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce
Pembeli tidak menemukan apa yg dicari di e-commerce
Belum ada cara yg mudah dan sederhana utk membayar
Surfing di e-commerce belum lancar betul
Takut terjadi pencurian kartu kredit
Takut rahasia informasi personal menjadi terbuka
Kinerja jaringan yg kurang baik
Belum punya model yg baik untuk mensetup situs E-Commerce
Kesulitan sharing informasi online dg aplikasi bisnis lainnya (misal pelanggan dan suplier)

Perkembangan E-Commerce di Indonesia
1994: Internet pertama di Indonesia
1999: sekitar 180.000 pelanggan
Yang laris : situs berita (detik.com, kompas.com, dll)
Terdapat 45 Internet Service Provider (hanya 35 yg beroperasi), 70 ISP baru & siap beroperasi
Di kota besar muncul usaha cyber café (Warnet)
Perkiraan jumlah user internet :500.000-1.000.000
Terdapat 8000 website lokal
Muncul toko buku online (Sanur) dg transaksi 2500 buku per bulan, menawarkan 30.000 buku,11.000 customer.

Hasil Survey di Indonesia (AC Nelson)
Penggunaan Email : 42%
Membaca surat kabar : 39%
Mencari informasi produk dan layanan:29%
Membaca majalah : 27%
Chatting : 23%
Transaksi melalui internet:10% dari total user internet.

Penghambat Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Infrastruktur
Kesadaran
Keamanan
Internet Banking
Budaya atau kebiasaan
Penyedia E-Commerce

Aplikasi e-commerce
Online Bookstores
Toko buku yg menawarkan berbagai jenis buku yg dijual secara online
http://abba.org
http://www.hightruth.com/
○Buku,alkitab,software Alkitab,CD, kaset-kaset rohani
○Menyajikan daftar buku dan christian music best seller setiap bulan
http://www.i1.net/~bhunter
○Menjual buku teknik
○Pelayanan informasi yg berhubungan dg teknik kpd anggota

BUSINESS
Situs yg berhubungan dg dunia bisnis seperti investasi, perdagangan, valuta asing, perdagangan saham , dll
Informasi yg ditayangkan selalu berubah dalam kurun waktu tertentu

INVESTMENT&FINANCIAL PLANNING
Perencanaan keuangan dan investasi merupakan salah satu kategori bisnis yg cukup menjanjikan penghasilan
http://www.Amex.com (American Stock Exchange)
Menyediakan informasi finansial meliputi: informasi pasar, market news, daftar perusahaan, exchange
http://www.Quote.com (Quote)
Menyediakan financial market data meliputi : quota stok, masa depan komoditas, simpanan yg menguntungkan, surat obligasi
Menampilkan berita bisnis, analisis bisnis dan komentar pasar, fundamental data, company profile
http://www.cme.com (Chicago Mercantile Exchange)
Menyediakan informasi keuangan, produk dan harganya, resources education

SALES, MERKETTING & ADVERTISING
Dunia periklanan, pemasaran dan penjualan adalah segala yg berhubungan dg bagaimana cara menjual sebuah produk yg dihasilkan oleh perusahaan
http://www.marketmedia.com (Market Place Media)
Membantu untuk meletakkan target produk dg media yg tepat kepada para audience (pelajar, senior, militer, atau kelompok minoritas) yg tepat.
Ahli di bidang direct marketting, poster,radio, majalah,surat kabar, audio/video dan promosi

SHOPPING
Situs yang menawarkan bisnis berbelanja bagi pelanggan
AUTOMOBILES
CAR-Link
http://www.car-link.com/
Informasi mobil yg dijual, mengijinkan Anda untuk mengajukan iklan, termasuk gambar mobil seharga 5$ per bulan

FLOWERS
1-800-Roses
http://www.1stresource.com/r/roses/default.htm
Menawarkan ide dekorasi rumah, anjuran pesan kartu, trend bunga, kontes-kontes khusus dan promosi
Total Flowers Exports
http://www.totalexports.com.au
Informasi mengenai eksportir bunga segar maupun bunga kering yg berlokasi di Australia
Informasi berbagai bunga aneh dan langka

Beraneka Ragam Situs Shopping Lainnya
Eshop Inc
http://www.eshop.com
○Mengiklankan Tower Record,1-800-Flowers, Spiegel. Dll.
○Menyediakan Job Listing
○Merchant dapat membuat promosi yg dapat dimodifikasi oleh tiap shopper
Shopping 2000
http://www.shopping2000.com/shopping2000/ross_simon
Menawarkan lebih dari 50 katalog dan ratusan produk


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar