Selasa, 18 Oktober 2011

Solusi Komputer : HP BIOS Application Error, Instalasi Windows tidak bisa Berjalan.





Memang benar sekali pribahasa yang mengatakan " Experience is the best teacher ". Berawal dari kesalahan kecil namun berakibat sangat fatal. 2 Masalah Besar baru saja saya alami pada Netbook yang akan saya reinstall yaitu :

  1. HP BIOS Application Error, sehingga tidak bisa Initialize System Information. Pesan Error yang mucul seperti ini : "The HP BIOS application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup."
    Untuk yang mengatasi masalah ini, kemungkinan partisi UEFI telah terhapus. coba dulu masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F10 pada waktu booting, cari key QUICKWEB or QUICKLOOK lalu pilih disabled. Jika ingin mengembalikan partisi tersebut, ikuti petunjuk dna langkah2 dibawah ini.
  2. Setelah loading files, Windows tidak bisa membuat sistem partisi dimana file Windows akan diinstall, ditandai munculnya pesan error " Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition". Sehingga proses instalasi tidak bisa dilanjutkan.
Hal ini saya alami saat hendak menginstall ulang sistem operasi Windows 7 Ultimate pada Netbook HP Mini 110-3500 yang crash karena terinfeksi virus.
Sebelum menginstall, file-file instalasi Windows 7 tersebut saya masukan ke dalam flashdisk karena memang jenis Netbook tidak memiliki CD/DVD yang mengharuskan kita menggunakan media seperti flashdisk/DVD external untuk menginstall Windows pada Netbook. Awalnya proses berjalan lancar, BIOS pada mainboard sudah saya setting untuk boot pertama dari USB-HDD. Namun masalah terjadi ketika akan memilih drive yang akan digunakan untuk menyimpan file dimana Windows akan di install (Drive C:), Windows tidak bisa membuat sistem partisi. Akhirnya eksperimen berujung petaka saya lakukan, yaitu memformat seluruh drive yang ada termasuk drive HP_TOOLS yang merupakan drive UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) milik Hewlett-Packard (HP) yang seharusnya tidak boleh dihapus apalagi diformat, sehingga jika di tekan tombol F2 pada saat start, Aplikasi BIOS tidak bisa dibuka dan mucul pesan error seperti diatas.


Akhirnya setelah browsing kesana kemari, saya dapatkan cara yang lumayan gampang tapi ribet. Ada banyak hal yang dibutuhkan seperti :
1. DVD External, bisa pinjam kepada teman anda jika anda tidak memilikinya. :)


2. Firmware dan Software Utility yang harus anda download pada situs vendor HP (http://www8.hp.com/us/en/support-drivers.html). Pada Link tersebut silahkan klik Drivers and Softwares lalu masukan tipe Netbook Anda (eg. HP Mini 110-3500). Pilih tipe yang cocok dengan milik anda pada. Setelah muncul page selanjutnya, pilih Sistem Operasi yang akan anda gunakan lalu Next. Maka akan ditampilkan beberapa driver dan software yang sesuai dengan netbook anda. Perhatikan gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar).




Klik pada menu Diagnostic, maka akan tampil HP System Diagnistic yang harus anda download.


3. Hireen's Boot CD (HBCD) untuk membuka file instalasi Windows yang sudah di copy pada harddisk namun tidak bisa diakses/dibuka dengan mode GUI (Graphical User Interface). Anda bisa download di : http://www.hirensbootcd.org/download/


4. Flashdisk 2 buah masing-masing 1 GB dan 4 GB


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan file instalasi Windows pada flashdisk 4 GB (tutorial silahkan lihat disini). Siapkan file HP UEFI yang telah anda download lalu dimasukan ke flashdisk 1GB, caranya adalah jalankan aplikasi tersebut pada komputer yang normal. jika ada pesan pilihan untuk menginstal di hardisk atau flashdisk maka pilih flashdisk, setelah selesai flashdisk 1 Gb anda akan bernama HP_TOOLS berisi setting BIOS UEFI HP.
Lanjut.... booting komputer menggunakan DVDR lalu jalankan MiniXP. masukan flashdisk 1 GB tadi, lalu dengan tool PARTITIONWIZARD yang ada pada Hiren Boot CD, buatlah partisi logical dengan mengalokasikan size 1 GB gunakan file system FAT32 lalu beri nama drive tersebut dengan HP_TOOLS, copy semua isi flashdisk tadi ke dalam drive ini lalu restart.
booting melalui flashdisk 4 gb untuk mengcopy file instalasi, setelah selesai di restart lagi dengan booting menggunakan HBCD. pilih menu Windows 7 [BOOTMGR] pada command prompt (layar hitam yang muncul) lalu lakukan instalasi seperti biasa. Mudah-mudahan bermanfaat, jika ada hal yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.


Catatan tambahan :
versi terbaru HBCD mendukung untuk booting melalui flashdisk, tutorial cara membuat HBCD dari flashdisk silahkan baca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar