Kamis, 02 Februari 2012

ALAT INPUT dan OUTPUT

Alat input (input device/input unit/input equipment) adalah alat yang digunakan untuk menerima input.
Alat input selain untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat input, sendiri dan sebagai alat output untuk menampilkan hasil. Alat input/output demikian disebut dengan terminal.
Terminal dapat digolongkan sebagai :
Non intelligent terminal
Smart terminal
Intelligent terminal
Terminal dapat dihubungkan ke system komputer dengan kabel langsung atau lewat alat telekomunikasi.

image

Penggolongan Alat Input
Alat input dapat digolongkan ke dalam 2 golongan yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung.
Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa lewat media lainnya.
Alat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi dalam bentuk media tertentu.
Media yang menampung input tersebut adalah simpanan luar, dapat berupa disk magnetic, pita magnetic, maupun kartu.

ALAT INPUT LANGSUNG
•Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input ini tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sistem komputer.
•Alat input langsung dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan, yaitu :
–Keyboard,
–Pointing device,
–Scanner,
–Sensor dan
–Voice recognizer.

Keyboard
Keyboard adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan.
Beberapa alat input Iangsung yang mempergunakan keyboard untuk memasukkan input secara langsung adalah:
Teleprinter terminal (keyboard & printer),
contoh: mesin tik listrik;
Financial transaction terminal,
contoh: ATM;
Point-of-sale terminal,
contoh: cash register; dan
Visual display terminal.

image

Pointing Device
•Digunakan untuk keperluan tertentu, misalnya pembuatan grafik atau gambar.
–Mouse
–Touch screen
–Light pen (dituliskan langsung pada layar)
–Digitizer graphics tablet

image

Scanner
Yaitu alat input yang bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca
Alat input scanner dapat berupa:
 Magnetik Ink Character Recognition (MICR)
 Optical Data Reader
 Optical Mark Recognition (OMR) Reader

imageimage

Sensor
–Sensor merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian fisik.
–Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukkan ke pengubah analog digital computer yang selanjutnya akan diproses oleh komputer.

Digitizing Camera
–Digitizing camera memungkinkan untuk menangkap obyek gambar seperti foto, dokumen, obyek tiga dimensi yang akan ditampilkan ke layar komputer.

Voice Recognizer
–Voice recognizer atau speech recognizer membuat komputer mengerti omongan manusia.
–Voice recognizer menggunakan microphone untuk menangkap suara input. Microphone
Analog to digital converter
Pattern macthing
Template library Input ke sistem komputer

Alat Masukan Tidak Langsung
Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkamkan terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (bentuk yang hanya bias dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external storage) misal:
kartu plong (punch card)
pita magnetic (magnetic tape)
disk magnetic

ALAT OUTPUT
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu :
1.Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus, dan symbol-simbol lain.
2. Image, di dalam suatu bentuk grafik atau gambar.
3. Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin dalam bentuk symbol yang hanya dapat dimengerti oleh komputer.

ALAT OUTPUT (2)
Untuk mendapatkan bentuk-bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaitu alat output atau output device.
Alat output dapat berbentuk :
1. Hard Copy Device
Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan serta image pada media hard seperti kertas atau film.
2. Soft Copy Device
Berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media soft yang berupa sinyal elektronik.

3. Drive Device atau Driver
–Berupa alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti disk magnetik atau tape magnetik.
–Alat penggerak ini berfungsi ganda, sebagai alat output juga sebagai alat input.

image

KOMUNIKASI DATA

Alasan perlunya komunikasi data:
–1. Transaksi sering terjadi pada suatu tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan datanya atau tempat dimana data tersebut akan digunakan. Sehingga data perlu dikirim ke tempat pengolahan dan dikirim lagi ke tempat yang membutuhkan informasi dari data tersebut.
–2. Kadang-kadang lebih efisien atau lebih murah mengirim data lewat jalur komunikasi, lebih-lebih bila data telah diorganisasikan melalui komputer, dibandingkan dengan cara pengiriman biasa.

3. Suatu organisasi yang mempunyai beberapa tempat pengolahan data, data dari suatu tempat pengolahan yang sibuk dapat membagi tugasnya dengan mengirimkan data ke tempat pengolahan lain yang kurang sibuk.
–4. Alat-alat yang mahal, seperti misalnya alat pencetak grafik atau printer berkecepatan tinggi, cukup di satu lokasi saja, sehingga lebih hemat.

KOMUNIKASI DATA
•Untuk mengkomunikasikan data dan satu tempat ke tempat yang lain, tiga elemen sistem harus tersedia, yaitu :
–sumber data (source),
–media transmisi (transmision media) yang membawa data yang dikirimkan dari sumber ke elemen,
–penerima (receiver).
•Bila salah satu elemen tidak ada, maka komunikasi tidak akan dapat dilakukan.

TRANSMISI DATA
•Transmisi data merupakan proses pengiriman data dari satu sumber ke penerima data.
•Hal-hal yang berhubungan dengan transmisi data:
–Media transmisi yang dapat digunakan
–Kapasitas channel transmisi
–Tipe dan channel transmisi
–Kode transmisi yang digunakan
–Mode transmisi
–Protocol
–Penanganan kesalahan transmisi

MEDIA TRANSMISI
•Beberapa media transmisi dapat digunakan sebagai channel/jalur transmisi dapat berupa kabel ataupun radiasi elektromagnetik.
•KABEL
–Bila sumber data dan penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area yang lokal, maka dapat digunakan kabel sebagal media transmisinya.
–Kabel dapat berbentuk kabel tembaga biasa yang digunakan pada telepon atau coaxial cable atau fiber optic cable.

KABEL
•Coaxial Cable
–Coaxial cable merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lembek.
–Coaxial cable mempunya tingkat transmisi data yang lebih tinggi dtbandingkan dengan kabel biasa, tetapi lebih mahal.
•Fiber Optic Cable
–Fiber optic cable dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fiber) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia.
–Fiber Optic Cable mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10 kali lebihbesar dari coaxial cable.

RADIASI ELEKTROMAGNETIK
•Bila sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh, channel komunikasi dapat berupa media radiasi elektromagnetik dipancarkan melalui udara terbuka, yang dapat berupa :
–gelombang mikro (microwave),
–sistem satelit (satellite system) atau
–sistem laser (laser system)

KAPASITAS CHANNEL TRANSMISI (1)
•Bandwidth (lebar band) menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) atau characters per second (cps).
•Bandwidth dengan satuannya bps atau cps menyatakan ukuran dari kapasitas channel transmisi, bukan ukuran kecepatan.
•Transmisi data dengan ukuran 1000 bits per second tidak dapat dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bit per second, tetapi dikatakan bahwa lebih banyak data yang dapat dikirimkan pada satu unit waktu yang tertentu.

Kapasitas atau transfer rate (tingkat penyaluran) atau baud rate dari channel transmisi dapat digolongkan dalam:
–Narrowband channel,
–Voice band channel dan
–Wideband channel.

Perbandingan Antara Channel Transmisi
Jenis channel
Kapasitas transmisi
Biaya total
Biaya rata-rata
Tingkat kesalahan
Narrow band channel
50-300 bps
Rendah
Tinggi
Tinggi
Voice band channel
300-500 bps
Sedang
Sedang
Sedang
Broad band channel
s/d 1 juta bps
Tinggi
Rendah
Rendah

Tipe Channel Transmisi
•Ada beberapa tipe channel transmisi yaitu :
–transmisi satu arah (one-way transmission),
–transmisi dua arah bergantian (either way transmission) atau
–transmisi dua arah serentak (both way transmission).

Kode Transmisi
•Di dalam komunikasi data, informasi dikirimkan dalam bentuk bilangan binary yang menggunakan kode-kode untuk mewakili data yang dikirimkan.
•Kode transmisi yang dipergunakan dapat berbentuk sebagai berikut ini:
1.Boudot code, menggunakan kombi nasi 5 bit untuk mewakili suatu karakter
2.ASCII code, dapat berbentuk kode ASCII 7-bit atau kode ASCII 8-bit
3.SBCDIC code, terdiri dan kombinasi 6 bit
4.EBCDIC code, terdiri dan kombinasi 8 bit

Protocol
•Protocol adalah suatu kumpulan dan aturan-aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antara alat-alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan dengan benar.
•Di istilah komputer, jabatan tangan (handshaking) menunjukkan suatu protocol komunikasi data bila dua buah alat dihubungkan satu dengan lainnya untuk menentukan bahwa keduanya telah kompatibel.

NETWORK
•Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk suatu sistem.
•Dengan network, komputer yang satu dapat menggunakan data di komputer yang lain, dapat memberi berita ke komputer yaug lain walaupun berlainan area.
•Network merupakan cara yang sangat berguna untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area lainnya.

External Network
•Disebut juga dengan long distance network.
•Eksternal network merupakan network dari sistem komunikasi data yang masing-masing node berlokasi jauh (remote location) satu dengan lainnya.
•External network dapat berbentuk:
–- star network
–- hierarchical tree network
–- loop network
–- ring network
–- bus network
–- web network
–- meta network

imageimage

imageimage

image

MENGENAL E-COMMERCE


Maknanya :
Membeli / menjual secara elektronik dan kegiatan tsb dilakukan pada jaringan internet
Pemasangan iklan, penjualan dan dukungan serta pelayanan terbaik 24 jam sehari.

URL (Uniform Resource Locator)
Alamat situs internet
Contoh:
http://www.wahana.com
 Kode URL :
.com : organisasi komersial
.mil : militer
.account : Akademi/Lembaga Pendidikan
.org : Organisasi Sukarela
.gov : Pemerintahan

.firm : Bisnis atau firma
.store : Bisnis yg menawarkan kegiatan berbelanja
.web : Entitas yg menekankan aktivitas yg berhubungan dg web
.arts : Entitas yg menekankan pada aktivitas budaya dan hiburan
.info : Entitas yg menyediakan pelayanan informasi
.nom : Bagi mereka yg menginginkan penamaan rpibadi atau individual

DEFINISI DALAM E-COMMERCE
Commerce Service Provider :
Situs bisnis atau web yg menyediakan solusi E-Commerce
Fasilitas pendukung : konsultan E-Commerce, desain halaman web, detail program yg akan dipasang oleh pelanggan, sewa ruang utk e-commerce

Electronic Cash
Juga disebut E-Cash, Digital Cash, Digital Money
Memungkinkan seseorang utk membeli barang atau jasa dg cara mengirimkan nomer dari satu komputer ke komputer lainnya.
Nomor diisukan oleh sebuah bank dan merepresentasikan sejumlah uang yg sebenarnya yg mempunyai nilai tukar.
Bersifat anonymous (tanpa nama) dan dapat dipakai ulang, seperti uang cash biasa.
Contoh:
http://www.sandybay.com/pc-web/digital_cash.htm
10/

Electronic Checks
Sering disebut eCehcque atau E-Checque
Customer membayar kepada penjual dg menuliskan check elektronik yg dikirimkan secara elektronis dg email, mesin faximili, atau telpon.
“Cheque” berisi pesan yg memuat semua informasi yg diperoleh dari cheque yg sebenarnya , tetapi bisa ditandatangani secara digital atau surat kuasa
Tanda tangan elektronis ditulis dalam bentuk sandi dg cara enkripsi oleh kunci rahasia customer. Penjual mengesahkannya dg kunci private.
Pesan yg dihasilkan akan disandikan dg kunci rahasia pihak bank hingga disediakan bukti pembayarannya.
Contoh:
http://www.cybercash.com
10/

Electronic Wallet
Pembayaran dilakukan dg nomor kartu kredit dan terenkripsi dg aman
Pembelian dilakukan pada situs web yg mendukung electronic wallet
Pd saat tombol Pay ditekan maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan electronic wallet

E-Commerce
Pertukaran informasi bisnis yg rutin dg menggunakan transmisi :
Electronic Data Interchange
Email
Electronic Bulletin Boards
Mesin faksimili
Electronic Funds Transfer
Berkenaan dg transaksi belanja di :
Internet shopping
stok online
surat obligasi
download
penjualan “barang dagangan lunak”(software, dokumen,musik,dll)
Business to Business (B2B)

Microtransaction/Micropayment
Transaksi dalam jumlah kecil (ratusan hingga puluhan ribu)
Untuk mengambil grafik, game maupun informasi
Phone Cash
Memungkinkan customer untuk membeli item secara online dg mengijinkan nilai pembelian ditransfer dari account mereka ke account orang lain dalam sebuah Internet banking System
Telephone Billing System
Transaksi melalui telpon memungkinkan customer membeli barang atau layanan dan jumlah pembayarannya disertakan ke rekening telpon

Perkembangan E-Commerce di Dunia
Transaksi yang laris (best seller) di E-Commerce utk barang dagangan di internet dan media elektronik lainnya adalah :
komputer
consumer good
buku dan majalah
musik serta produk elektronik utk entertainment seperti audio, video dan TV
Sumber: Simba Information (
http://www.simbanet.com)

Proyeksi E-Commerce
46 juta orang Amerika akan membeli melalui e-commerce berbagai barang senilai US$16 juta (2001), US$54 juta(2002)
(Sumber:
http://www.idc.com)
Penjualan e-commerce sekitar US$7 juta (2000)
(Sumber:
http://www.forrester.com)
1992: jumlah komputer di dunia yg terhubung ke internet kurang dari 1 juta komputer
Juli 1999: lebih dari 45 juta

Penghalang Utama Melakukan E-Commerce
Para pembeli belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce
Pembeli tidak menemukan apa yg dicari di e-commerce
Belum ada cara yg mudah dan sederhana utk membayar
Surfing di e-commerce belum lancar betul
Takut terjadi pencurian kartu kredit
Takut rahasia informasi personal menjadi terbuka
Kinerja jaringan yg kurang baik
Belum punya model yg baik untuk mensetup situs E-Commerce
Kesulitan sharing informasi online dg aplikasi bisnis lainnya (misal pelanggan dan suplier)

Perkembangan E-Commerce di Indonesia
1994: Internet pertama di Indonesia
1999: sekitar 180.000 pelanggan
Yang laris : situs berita (detik.com, kompas.com, dll)
Terdapat 45 Internet Service Provider (hanya 35 yg beroperasi), 70 ISP baru & siap beroperasi
Di kota besar muncul usaha cyber cafĂ© (Warnet)
Perkiraan jumlah user internet :500.000-1.000.000
Terdapat 8000 website lokal
Muncul toko buku online (Sanur) dg transaksi 2500 buku per bulan, menawarkan 30.000 buku,11.000 customer.

Hasil Survey di Indonesia (AC Nelson)
Penggunaan Email : 42%
Membaca surat kabar : 39%
Mencari informasi produk dan layanan:29%
Membaca majalah : 27%
Chatting : 23%
Transaksi melalui internet:10% dari total user internet.

Penghambat Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Infrastruktur
Kesadaran
Keamanan
Internet Banking
Budaya atau kebiasaan
Penyedia E-Commerce

Aplikasi e-commerce
Online Bookstores
Toko buku yg menawarkan berbagai jenis buku yg dijual secara online
http://abba.org
http://www.hightruth.com/
○Buku,alkitab,software Alkitab,CD, kaset-kaset rohani
○Menyajikan daftar buku dan christian music best seller setiap bulan
http://www.i1.net/~bhunter
○Menjual buku teknik
○Pelayanan informasi yg berhubungan dg teknik kpd anggota

BUSINESS
Situs yg berhubungan dg dunia bisnis seperti investasi, perdagangan, valuta asing, perdagangan saham , dll
Informasi yg ditayangkan selalu berubah dalam kurun waktu tertentu

INVESTMENT&FINANCIAL PLANNING
Perencanaan keuangan dan investasi merupakan salah satu kategori bisnis yg cukup menjanjikan penghasilan
http://www.Amex.com (American Stock Exchange)
Menyediakan informasi finansial meliputi: informasi pasar, market news, daftar perusahaan, exchange
http://www.Quote.com (Quote)
Menyediakan financial market data meliputi : quota stok, masa depan komoditas, simpanan yg menguntungkan, surat obligasi
Menampilkan berita bisnis, analisis bisnis dan komentar pasar, fundamental data, company profile
http://www.cme.com (Chicago Mercantile Exchange)
Menyediakan informasi keuangan, produk dan harganya, resources education

SALES, MERKETTING & ADVERTISING
Dunia periklanan, pemasaran dan penjualan adalah segala yg berhubungan dg bagaimana cara menjual sebuah produk yg dihasilkan oleh perusahaan
http://www.marketmedia.com (Market Place Media)
Membantu untuk meletakkan target produk dg media yg tepat kepada para audience (pelajar, senior, militer, atau kelompok minoritas) yg tepat.
Ahli di bidang direct marketting, poster,radio, majalah,surat kabar, audio/video dan promosi

SHOPPING
Situs yang menawarkan bisnis berbelanja bagi pelanggan
AUTOMOBILES
CAR-Link
http://www.car-link.com/
Informasi mobil yg dijual, mengijinkan Anda untuk mengajukan iklan, termasuk gambar mobil seharga 5$ per bulan

FLOWERS
1-800-Roses
http://www.1stresource.com/r/roses/default.htm
Menawarkan ide dekorasi rumah, anjuran pesan kartu, trend bunga, kontes-kontes khusus dan promosi
Total Flowers Exports
http://www.totalexports.com.au
Informasi mengenai eksportir bunga segar maupun bunga kering yg berlokasi di Australia
Informasi berbagai bunga aneh dan langka

Beraneka Ragam Situs Shopping Lainnya
Eshop Inc
http://www.eshop.com
○Mengiklankan Tower Record,1-800-Flowers, Spiegel. Dll.
○Menyediakan Job Listing
○Merchant dapat membuat promosi yg dapat dimodifikasi oleh tiap shopper
Shopping 2000
http://www.shopping2000.com/shopping2000/ross_simon
Menawarkan lebih dari 50 katalog dan ratusan produk


 


Jumat, 16 Desember 2011

Mempublikasikan artikel post blog dengan software Windows Live Writer 2011

 

Sobat saya akan berbagi informasi bagi para penggemar bloger,artikel ini saya buat karena ada petunjuk dari manager ICT saya cara mempblikasikan blog kita tanpa harus masuk ke alamat blog tersebut. Nah kebetulan saya menggunakan Operasi Windows 7 Profesional SP1 32 Bit didalan OS tersebut sudah ada fitus Windows live yang didalamnya ada 3 menu , yaitu
1. Windows Live Family safety
2. Windows Live Mesh
3. Windows live Writer
clip_image001Windows Live Writer adalah sebuah aplikasi desktop publishing blog yang dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan bagian dari Windows Live, kegunaan aplikasi ini salah satunya adalah sobat bisa menulis artikel langsung dari desktop tanpa harus masuk ke dashboard editor blog untuk menulis artikel post
clip_image002Selain itu sobat juga dapat menulis dan memasukkan foto secara offline dengan aplikasi Windows Live Writer (WLW) ini, hal itu sangat menguntungkan bagi sobat yang mempunyai koneksi internet yang lambat apalagi kalau hanya mengandalkan WIFI gratisan untuk koneksi internet, jadi sobat bisa menulis banyak artikel dan disimpan di draft kemudian sobat bisa publish artikel post nya kapan saja sobat sempat, sangat menghemat waktu dan biaya bukan? sobat juga bisa memasukkan link (hyperlink), maps, tabel (table), video, tags dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak salah kenapa aplikasi ini banyak dipakai oleh para blogger diseluruh dunia karena kemudahannya itu, dan mungkin menjadi salah satu tools yang wajib dimiliki oleh penulis ataupun blogger.
Cara Instalasi Windows Live Writer di Komputer
Untuk instalasi / pemasangan WLW ini juga sangat gampang, sobat hanya download aplikasi nya di situs Microsoft Windows Live Writer dan langsung di-instal di komputer sobat pada saat online (online installer). Dibawah ini adalah sedikit contoh screenshot instalasi-nya yang saya ambil ketika saya memasangnya di komputer saya
clip_image003clip_image004
Setelah sobat download dan instal maka akan mucul pemberitahuan aplikasi apa saja yang ingin di pasang, saya sarankan centang pada “writer” saja, tapi kalau sobat juga ingin memasang aplikasi lainnya sobat bisa pilih sesuai dengan keinginan sobat
Setelah proses instalasi selesai kemudian sobat masukkan blog sobat beserta username dan password blog sobat
clip_image005clip_image006
Untuk pengguna wordpress sebelum mengisi semuanya diatas sobat harus login masuk ke dashboard terlebih dahulu. Masuk ke Setting > Writting dan turun kebawah dan centang pada XML-RPC seperti gambar dibawah, dan kemudian sobat lanjutkan dengan mengisi form seperti diatas
clip_image007
Kemudian terakhir klik finish dan sobat telah siap menggunakan aplikasi Windows Live Writer ini, Jika soba berhasil melakukan berhasil melakukan step- step dengan benar makan sobat akan di tampilkan menu seperti ini
Kemudian sobat lakukan uji coba dengan menulis artikel apa saja contoh “Uji coba Publish blog dari windows live writer 2011”
clip_image009Jika sudah sobat bisa lakukan save dulu jika belum ada rencana di publikasikan, Jika ingin di publikasikan ke blog pribadi,sobat tinggal lakukan klik Publish .
Dan ini hasilnya
clip_image011
Jika sobat masih benigung ini saya ada video dengan
link http://www.youtube.com/watch?v=wwyw_R4lmPE&feature=related
 
cara create account blog.dan tutorial menulis blog secara offline dengan Windows Live Writer 2011
http://www.youtube.com/watch?v=quU1QrpsuHA&feature=related


 
bagi sobat yang sudah menggunakan aplikasi ini mungkin bisa sharing sedikit kelebihan-kelebihan lainnya atau kekurangannya. Kebetulan saya juga masih baru dalam menggunakan aplikasi ini jadi belum sempat menjelajahi kelebihan atau kekurangan lainnya
Referensi :
1. Youtube cara create account blog http://www.youtube.com/watch?v=wwyw_R4lmPE&feature=related
2. Youtube cara menulis artikel blog secara offline http://www.youtube.com/watch?v=quU1QrpsuHA&feature=related
3. Menulis Artikel Post Dengan Windows Live Writer http://bloggerpeer.blogspot.com/2011/11/menulis-dengan-windows-live-writer.html
4. Saya publikasikan di blogpribadi saya di http://imasict.blogspot.com/

Kamis, 08 Desember 2011



LAPORAN RESMI



Judul Praktikum               :   …………………………………………………………….

Nama Mahasiswa              :   …………………………………………………………….

NIM Mahasiswa                :   …………………………………………………………….

Deskripsi Praktikum         :   …………………………………………………………….

                                                …………………………………………………………….

                                                …………………………………………………………….

                                                …………………………………………………………….

                                                …………………………………………………………….



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     



 A.    Diagram Rangkaian  gerbang  Logika








 C.     Tabel Kebenaran gerbang   Logika OR dan AND

T2.A

Input
Input
Input
Output OR
C
B
A
A+B
B+C
(A+B)+C
A+(B+C)
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
1
0
1
1
0
1
0
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
0
0
0
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1



T2.B

Input
Input
Input
Output AND
C
B
A
A.B
B.C
(A.B).C
A(B.C)
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
0
1
1
1
0
0
0
1
0
0
0
0
0
0
1
0
1
0
0
0
0
1
1
0
0
1
0
0
1
1
1
1
1
1
1


          T3.A

Input
Input
Input
Output AND dan OR
C
B
A
B+C
A.B
A.C
A(B+C)
(A.B)+(A.C)
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
0
0
0
1
0
1
0
0
0
0
0
1
1
1
1
0
1
1
1
0
0
1
0
0
0
0
1
0
1
1
0
1
1
1
1
1
0
1
0
0
0
0
1
1
1
1
1
1
1
1



T3.B

Input
Input
Input
Output AND dan OR
C
B
A
B.C
A+B
A+C
A+(B.C)
(A+B).(A+C)
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1
0
1
1
1
1
0
1
0
0
1
0
0
0
0
1
1
0
1
1
1
1
1
0
0
0
0
1
0
0
1
0
1
0
1
1
1
1
1
1
0
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1





D.Waveform

T2.A



A+(B+C)
0
1
1
1
1
1
1
1
(A+B)+C
0
1
1
1
1
1
1
1
B+C
0
0
1
1
1
1
1
1
A+B
0
1
1
1
0
1
1
1
C
0
0
0
0
1
1
1
1
B
0
0
1
1
0
0
1
1
A
0
1
0
1
0
1
0
1

 T2.B

A.(B.C)
0
0
0
0
0
0
0
1
(A.B).C
0
0
0
0
0
0
0
1
B.C
0
0
0
0
0
0
1
1
A.B
0
0
0
1
0
0
0
1
C
0
0
0
0
1
1
1
1
B
0
0
1
1
0
0
1
1
A
0
1
0
1
0
1
0
1



T3.A



(A.B)+(A.C)
0
0
0
1
0
1
0
1
A(B+C)
0
0
0
1
0
1
0
1
A.C
0
0
0
0
0
1
0
1
A.B
0
0
0
1
0
0
0
1
B+C
0
0
1
1
1
1
1
1
C
0
0
0
0
1
1
1
1
B
0
0
1
1
0
0
1
1
A
0
1
0
1
0
1
0
1



T3.B



(A+B).(A+C)
0
1
0
1
0
1
1
1
A+(B.C)
0
1
0
1
0
1
1
1
A+C
0
1
0
1
1
1
1
1
A+B
0
1
1
1
0
1
1
1
B.C
0
0
0
0
0
0
1
1
C
0
0
0
0
1
1
1
1
B
0
0
1
1
0
0
1
1
A
0
1
0
1
0
1
0
1

















E.Kesimpulan

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                                                                                                               

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

E.Saran

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __

                                                                                                                                                __





  Jember ,                      2011

Diketahui,







.................................. .